Fakta Hypatia, Nasib Tragis Seorang Ahli Matematika Perempuan

Sharing is Caring :

Setuju dong perempuan dapat menjadi seorang ilmuwan dari latar belakang apapun? Namun sayangnya hal ini tidak berlaku di masa lalu. Hypatia menjadi simbol kematian ilmu pengetahuan di tengah budaya agama yang fanatik. Ia menjadi ilmuwan perempuan yang kerap kali disebut di masa akhir Yunani kuno.

Sayangnya ia tidak dapat menyelesaikan berbagai penelitiannya di bidang matematika dan astronomi karena tidak berumur panjang akibat pembunuhan brutal yang dilakukan oleh kelompok agama fanatik. Seperti apa kisah tragis seorang Hypatia yang harus kehilangan segalanya? Simak selengkapnya di sini.

1. Lahir dan besar di kota Alexandria, pusat peradaban dunia

Kota Alexandria didirikan oleh Alexander Agung pada 331 SM, dengan cepat tumbuh menjadi pusat budaya dan pembelajaran bagi peradaban dunia kuno. Melansir World History, lebih dari setengah juta koleksi gulungan tentang bermacam pengetahuan disimpan di perpustakaan Alexandria. Kota ini makmur di bawah dua penguasa pertama Dinasti Ptolemeus namun terus mengalami penurunan hingga diambil oleh Roma setelah Pertempuran Actium pada 31 SM.

Ketika kaisar Romawi Konstantinus Agung l (272-337 M) menjadikan agama Kristen sebagai agama negara, orang-orang Kristen di Aleksandria yang sebelumnya dianiaya merasa diberdayakan untuk menyerang balik musuh-musuh “kafir” mereka. Hypatia yang lahir sekitar tahun 355 M lahir dan besar dalam situasi perebutan pengaruh antara berbagai kepercayaan seperti Kristen, Yahudi dan Paganisme.

2. Kecerdasan menurun dari sang ayah

Ayah Hypatia, Theon adalah seorang matematikawan dan astronom yang cukup berpengaruh di Alexandria. Tidak diketahui secara pasti tentang ibunya, sebab tidak ada catatan yang menyebutkannya. Peran Theon yang paling diingat ialah dalam penulisan Elemen Euclid, menjadi satu-satunya versi yang diketahui dari karya utama geometri hingga abad ke-19. Selain itu Ia juga menulis ulasan Almagest dan Tabel Praktis Ptolemy yang menunjukkan dedikasi pada keahliannya dan diduga Hypatia turut andil dalam penulisan ini.

Theon menolak untuk memaksakan pada Hypatia peran tradisional yang diberikan kepada perempuan dalam tradisi Yunani kuno. Ia memutuskan untuk membesarkannya seperti seseorang yang membesarkan anak laki-laki dalam tradisi Yunani yakni dengan mengajarinya keahliannya sendiri dan memberikan akses ilmu pengetahuan yang ia miliki.

3. Mengabdikan diri untuk belajar dan mengajar

Hypatia merupakan matematikawan perempuan paling awal yang kehidupan dan pekerjaannya memiliki pengetahuan cukup rinci. Dalam berbagai catatan disebutkan ia tidak pernah menikah dan dikenal sebagai seorang perempuan dengan kekuatan intelektual yang luar biasa.

Seperti yang tercatat di Britannica, hari-harinya dihabiskan dengan mengajar filsafat dan astronomi di sekolah Neoplatonik di Alexandria. Dedikasi tinggi dalam bidang matematika dan astronomi cukup menjadikannya sebagai seoarang akademisi, posisi yang sebelumnya hanya dimiliki oleh laki-laki. Banyak yang ingin masuk kelas untuk mendengarkannya. Masyarakat Yunani kuno juga menghargai Hypatia karena kecerdasan yang dia miliki.

Di luar bidang keahlian ayahnya, Hypatia memantapkan dirinya sebagai seorang filsuf dengan aliran yang disebut sebagai Neoplatonik, sebuah sistem kepercayaan di mana segala sesuatu berasal dari Yang Esa. Ceramah publiknya populer dan menarik banyak orang. Ia bahkan mengenakan jubah seorang sarjana di sekitar pusat kota, menjelaskan di depan umum kepada mereka yang mau mendengarkan soal Plato atau Aristoteles.

4. Penganut Pagan di tengah Kristenisasi yang kuat

Hypatia mempraktikkan paganisme yakni sebuah kepercayaan/praktik spiritual penyembahan terhadap benda-benda tertentu atau disebut berhala yang pengikutnya disebut Pagan ketika agama Kristen masih dalam masa pertumbuhan di kota Alexandria.

Beberapa dekade sebelumnya, penganut Kristen sempat mendapatkan perundungan. Ketika Alexandria di bawah kuasa Romawi dan Kristen dijadikan agama resmi negara, sebagian penganut mencoba untuk membalas apa yang telah orang-orang terdahulu lakukan di masa lalu. Akibatnya banyak dari mereka yang menganut Kristen agar tidak mendapatkan penganiayaan maupun perundungan.

Sebaliknya, Hypatia bertentangan dengan yang lain, ia terus mempraktekkan paganisme dan tidak berusaha menutupinya seperti yang tercatat dalam Arkeonews. Meskipun dia terkenal sebagai seorang filsuf yang berpengaruh, kedudukannya membuatnya menjadi sasaran lingkaran Kristen yang kuat.

5. Dibunuh dengan kejam di depan umum

Terjadilah kejadian mengerikan pada musim panas tahun 415 Masehi. Merujuk National Geographic, segerombolan massa yang terdiri atas biarawan fanatik menangkap Hypatia dalam perjalanan pulang setelah memberikan ceramah. Dalam penangkapan yang dipimpin seorang lektor bernama Petrus tersebut, Hypatia mendapat tuduhan seorang penyihir. Ia sempat melawan, seribu sayang, tidak ada satu orang yang berani menolongnya.

Segerombolan orang fanatik Kristen menyeretnya untuk masuk ke sebuah gereja, di mana mereka menelanjanginya, mengikis kulitnya dengan cangkang tiram, merobek anggota tubuhnya, memukulinya dengan batu bata dan genteng hingga ia meregang nyawa. Tidak sampai di situ, jasad Hypatia kemudian dibakar, menjadi korban pembunuhan yang sangat brutal di tangan sekelompok fanatik Kristen.

Sejatinya dengan pembunuhan Hypantia di depan umum menunjukkan bahwa penguasa Kristen ingin mengukuhkan kuasanya. Dengan menyebarkan ketakutan bahwa mereka yang tidak menganut agama Kristen akan bernasib sama seperti Hyapatia, seorang dengan keilmuan yang terpandang seperti Hypatia pun dengan mudah dibinasakan apalagi seseorang golongan masyarakat kelas bawah.

Itulah nasib malang yang dijalani Hypatia di akhir hidupnya. Seberapa keras kelompok fanatik menghapus Hypatia, ia kan tetap hidup dari karyanya dan dikenal sebagai seoarang perempuan yang jenius di masanya. Ada baiknya kita menghargai seseorang yang mengabadikan diri pada ilmu pengetahuan meskipun dari latar belakang yang berbeda, ya.

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *