Makna “Award” Bagi Pembangunan Daerah

Sharing is Caring :

Makna “Award” Bagi Pembangunan Daerah

LAMPUNG UTARA (BI):

Momen berharga bagi setiap kepala daerah (Kada) adalah pemberian award atau penghargaan pembangunan. Sebab, itu adalah bukti kinerja kepala daerah tersebut dalam membangun wilayahnya.

“Saya ucapkan terima kasih pada Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung, yang telah memberikan award. Semoga, penghargaan yang di dapat bagi Gubernur dan Kepala Daerah di Propinsi Lampung ini, akan menjadi penyemangat Kepala Daerah lain untuk lebih bersinergi berjuang membangun daerahnya demi Lampung semakin berjaya” ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, saat Musyawarah Bersama (Mubes) di Aula Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Lampung, Pahoman, Bandar Lampung, Rabu (7/9/2022).

Di acara yang dibarengi dengan pemilihan ketua PW IWO provinsi Lampung periode 2022 s/d 2027, tersebut, terpilih dengan voting suara terbanyak Rico Amir.

Ke enam kada yang menerima award dari insan pers, PW IWO 2022, adalah Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dengan kategori Kemajuan Masyarakat dalam Bidang Pertanian, Walikota Bandar Lampung, Hj. Eva Dwiana kategori Tokoh Wanita Inspiratif, Bupati Tulangbawang, Winarti, kategori Program BMW Pro Rakyat.

Dilanjutkan, Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin kategori Kemajuan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pj. Bupati Mesuji, Sulpakar, kategori Terinspiratif dalam Pembangunan Desa, Bupati Pesawaran, Dendi Romadhona kategori Pengembangan Wisata dan Inovasi Desa Terbaik.

Secara umum, mengulas tentang award atau penghargaan, itu disampaikan sebagai balasan atas suatu jasa dari orang-orang yang menerima manfaat dan itu, bisa dari perorangan, lembaga seperti PW IWO menyampaikan penghargaan bagi kepala daerah maupun dari masyarakat umum.

“Penghargaan tidak perlu di kejar kepala daerah. Cukup lakukan inovasi terbaik yang hasilnya dapat dirasakan bagi masyarakat luas”.

Sedangkan, penghargaan dari pemerintah pusat bagi daerah untuk pembangunan mengacu dari undang-undang 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah sebagaimana yang tertuang dalam pasal 388 ayat (9) dan ayat (II). Didalamnya menyatakan bahwa pemerintah pusat memberikan penilaian terhadap inovasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Sementara itu, pemerintah pusat memberikan penghargaan dan atau insentif kepada pemerintah daerah, yang berhasil melaksanakan inovasi.

Untuk peraturan pemerintah nomor 38 tahun 2017, tentang inovasi daerah, menyatakan bahwa, kunci kemajuan suatu daerah adalah kemampuan untuk berinovasi dan menciptakan kreativitas serta inovatif.

Hal itu, tergantung dari bagaimana kebijakan setiap pemimpin daerah dalam mengatur pemerintahan.

Dari acuan itu, pendapat penulis, “award” tidak perlu di kejar kepala daerah. Cukup lakukan inovasi terbaik yang hasilnya dapat dirasakan bagi masyarakat luas.

Bila disinggung apakah Lampung Utara mendapatkan award, penilaian sebagai putra Lampung Utara, berpendapat bahwa pembangunan telah berjalan secara masif di segala bidang. Hanya saja…YUD

 

 

 

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *