Program SPAM, Penuhi Akses Air Bersih Warga Dua Desa

Sharing is Caring :

LAMPUNG UTARA (BI):

Program Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Perdesaan merupakan salah satu program padat karya yang didedikasikan dari Kementerian PUPR dalam bidang pembangunan infrastruktur untuk menyediakan sarana air minum yang terjangkau dan berkelanjutan bagi masyarakat yang belum memiliki akses air minum yang aman, bersih serta sehat.

Pada tahun anggaran (TA) 2022, program itu telah diluncurkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) bidang Cipta Karya Kabupaten Lampung Utara
di dua desa. Yakni: Desa Taman Jaya dan Desa Alam Jaya, di Kecamatan Kotabumi Selatan, Selasa (11-10).

Dan, luncuran program tersebut telah mendapat apresiasi tokoh masyarakat serta warga dari dua desa setempat.

Tokoh masyarakat, Desa Taman Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Rossid mengaku sangat terbantu dengan adanya program tersebut.

” Desa Taman Jaya, termasuk wilayah dataran tinggi yang setiap musim kemarau, selalu mengalami kekurangan pasokan air bersih. Dengan dibuatnya sumur bor melalui program SPAM, yang penyalurannya langsung ke rumah warga, diharapkan kondisi kekurangan air bersih tidak terjadi lagi” ujarnya.

Sementara Ketua KSM Maju Jaya desa setempat Suheli, selalu ketua pelaksanaan kegiatan mengatakan, saat ini pihaknya sedang melaksanakan pembuatan pengecoran tower sebagai wadah penampung air yang nantinya akan mengaliri rumah-rumah warga sekitar sesuai kapasitas yang ada.

“Mekanisme pencairan dana program ini realisasinya secara estafet, untuk tahap pertama, difokuskan untuk mengerjakan pembuatan bak penampungan air setinggi 8 meter dari permukaan tanah dan memiliki kapasitas bak penampung sebesar 8 m3. Selain itu, pihaknya melakukan penggalian parit saluran pipa ke rumah – rumah warga yang membutuhkan” tutur Suheli.

 

Terpisah, Ketua KSM Desa Alam Jaya, Kecamatan Kotabumi Selatan, Iyus Saputra, menurutkan hal yang sama.

“Keberadaan program SPAM diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat dan mampu mengatasi krisis air bersih di musim kemarau” kata dia.

Sementara, tokoh masyarakat, Rozali, didampingi Damri dan Arison, mengucapkan terimakasih dengan diluncurkan program didesanya.

“Kami sangat berterima kasih sudah di berikan bantuan melalui program SPAM ini, mudah-mudahan kedepannya masyarakat Desa Alam Jaya tidak lagi mengalami keluhan kesulitan mengakses air bersih” tuturnya. YUD

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *