Tak Hanya Tampilan Menarik, Ini Syarat Daftar Pemilihan Muli-Mekhanai Lampung Utara 2023

Sharing is Caring :

LAMPUNG UTARA :

Bukan hanya tampilan fisik yang menarik. Pengetahuan akan potensi kekayaan budaya serta keindahan destinasi wisata di Propinsi Lampung. Khususnya, Kabupaten Lampung Utara dan kemampuan berbahasa asing menjadi kriteria penilaian di ajang Pemilihan Muli-Mekhanai 2023.

“Mulai Februari 2023 ini, Pemkab. Lampung Utara, melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, membuka pendaftaran ajang pemilihan Muli-Mekhanai tingkat kabupaten” ujar Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Kabupaten Lampung Utara, Evril Irawan, di ruang kerjanya, beberapa hari lalu.

Dalam kesempatan itu, pihaknya berharap masyarakat, khususnya yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan dapat ambil bagian di ajang pemilihan tersebut.

“Berkas pendaftaran, dapat langsung disampaikan di kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata. Komplek perkantoran pemerintahan Kabupaten Lampung Utara, Jln. Jenderal Sudirman No. 01. Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan” kata dia.

Untuk persyaratan peserta,
1. Putra/Putri daerah Lampung (Lampung Utara).
2. Berusia 17 tahun s/d 24 tahun, belum menikah.
3. Tinggi badan minimal, Mekhanai, 165 cm dan Muli, 160 cm.
4. Menyerahkan foto terbaru close-up dan seluruh badan ukuran 4 R.
5. Berkepribadian baik, berpakaian menarik, kreatif dan komunikatif.
6. Memiliki pengetahuan umum dan berwawasan luas tentang kepariwisataan dan kebudayaan Lampung.
7. Mampu berkomunikasi dalam Bahasa Lampung, Bahasa Inggris/asing (pasif/aktif).
8. Memiliki keahlian seperti: menari, musik, dll.

“Selain persyaratan di atas, peserta yang mendaftar belum pernah menjuarai atau pemenangn juara, 1, 2 dan 3, di ajang Muli-Mekhanai sebelumnya” kata dia.

Di kesempatan itu, selain memiliki persyaratan administrasi yang tercantum dalam formulir pendaftaran. Pihaknya membuka ruang seluas-luasnya bagi peserta yang berasal dari utusan sekolah, utusan OPD Lampung Utara, kecamatan dan masyarakat umum untuk berpartisipasi.

“Bagi peserta yang ingin mengetahui informasi detail, dapat menghubungi kontak person. Yakni: Darmayanti (0812 – 7937 – 125),
Diantara (0813 – 7775 – 0078) dan Sumadi (0812 – 7250 – 9996)” tuturnya kembali.

Untuk penggunaan pakaian, ditetapkan Mekhanai memakai beskap hitam, warna hitam, tumpai, kikad dan kalung jas. Muli dibakukan kebaya usus, tapis bintang perak, gaharu, tekanan jidat, anting jujum, kalung buah jujum, pending dan gelang rohul.

“Dalam pemilihan ini, pihaknya menjaminkan penilaian dilakukan secara terbuka tanpa intervensi dari pihak manapun” kata dia menambahkan.

Dia berharap, di ajang ini dapat menumbuhkan kecintaan terhadap Tanah Air, khususnya bagi daerah.

“kegiatan ini merupakan sarana pengembangan potensi bakat, kreatifitas, kecerdasan pada generasi muda untuk menjadi figure yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni budaya dan pariwisata Lampung Utara” tuturnya menambahkan.

Terpisah, kawan imajiner, mengatakan sangat mendukung kegiatan tersebut. Sebab, selain mendorong kreatifitas generasi muda. Sekaligus, akan meningkatkan citra positif di bidang kepariwisataan.

LALU…YUD

 

 

 

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *