Produk Kerajinan Khas Lampung Siap Bersaing Di Kancah Nasional

Sharing is Caring :

LAMPUNG (berita-indonesia. com) : Untuk mendukung perkembangan industri kerajinan dan wastra khas Lampung, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung kembali mengadakan Lampung Craft.

Pameran ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Lampung dalam membangkitkan semangat kriya dan wastra khas daerah, serta mendorong rasa cinta terhadap produk dalam negeri, khususnya yang dihasilkan oleh perajin UMKM Lampung.

Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan, Lampung Craft adalah pameran kriya dan wastra terbesar di Lampung yang diikuti oleh 15 Dekranasda kabupaten/kota se-Provinsi Lampung. Menjadi wadah pembinaan perajin dan promosi produk-produk kriya dan wastra mereka.

“Biasanya beberapa bulan sebelum kita sudah menghubungi para pengrajin untuk menyiapkan souvenir dan wastra beserta turunannya untuk dipajang dan dijual. Kita mendampingi mereka sampai menghasilkan produk yang bagus untuk dipamerkan dan dijual.” kata Riana.

“Pengrajin sangat senang dengan acara Lampung Craft ini. Karena memberikan dampak pada mereka. Contohnya, beberapa tahun ini kita mengadakan IG Live. Selama live banyak produk yang terjual terutama tapis-tapis.” ungkapnya.

“Karena sudah banyak ibu-ibu yang tahu kalau mau mencari tapis yang bagus bisa dicari di Lampung Craft. Jadi banyak yang antusias.” Riana menambahkan.

Riana menuturkan, Dekranasda selalu bekerja sama dengan desainer-desainer nasional. Karena akan ada banyak keuntungan dengan melibatkan mereka.

Kebanyakan pengrajin, menurut Riana, hanya bisa membuat. Sedangkan bagaimana kain ini mempunyai nilai lebih itu ada di tangan desainer.

“Oleh karena itu kami menghadirkan Oscar Lawalata di Lampung Craft kedua dan Poppy Karim di Lampung Craft ketiga. Dan di tahun keempat ini akan ada Didiet Maulana.” Ia menceritakan.

“Dan desainer nasional itu sudah memiliki banyak konsumen ditambah follower instaragm mereka sudah ratusan ribu. Jadi saat mereka memakai tapis, saat mereka promosikan Madu Aro, akan banyak sekali yang pesan.” katanya.

“Semoga dalam penyelenggaran Lampung Craft 2023 ini akan lebih meningkat lagi promosi dan penjualannya. Karena kebetulan pula berbarengan dengan acara Teknologi Tepat Guna (TTG), acara nasional yang dipusatkan di Lampung.” Riana berharap.

“Tamu-tamunya akan lebih ramai lagi dan semoga lebih banyak yang belanja.” tutup Riana.

Adapun Lampung Craft 2023 ini akan diadakan pada 6-10 Juni 2023 di Graha Wangsa, Bandar Lampung. Di isi dengan acara musik anak muda, bincang-bincang dengan Didiet Maulana (desainer), bincang-bincang bersama Bank Indonesia dan budayawan.

Kemudian ada pemutaran Film Kulak Kukut dan Dialog Budaya dan Fashion Show Didiet Maulana.

Yang tak kalah menarik ada fashion show Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional yang mengangkat tema “Mulai dari Desa”.

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *