Indikasi Dugaan Mark Up, Anggaran Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2023, Lampura, Habiskan Rp91Juta

Sharing is Caring :

LAMPUNG UTARA (berita-indonesia. com) : Untuk menjamin pelaksanaan Pilkades serentak 2023 se-Kabupaten Lampung Utara, berjalan secara damai, lancar, tertib, aman dan kondusif.

Penyelenggaraan acara, Deklarasi Damai Pilkades Serentak 2023, di Stadion Sukung Kelapa Tujuh Kotabumi, Kamis (6-7-23), melibatkan antara Polres Lampung Utara bekerja sama dengan BKAD Lampung Utara.

Dalam pelaksanaan, ada dugaan mark-up pada anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Koordinator BKAD Lampura, Tabrani STR, saat dihubungi via telepon mengatakan kegiatan yang di gelar itu merupakan kegiatan Polres bekerja sama dengan BKAD kabupaten. Untuk sumber dana, dari panitia Pilkades masing-masing desa penyelenggara pilihan kades.

“Ada 91 desa yang menggelar Pilkades serentak di 2023 ini. Masing-masing panitia Pilkades desa penyelenggara menyampaikan dana Rp1 juta/desa ke BKAD kabupaten untuk menggelar deklarasi damai bagi semua calon kades yang ikut pada bursa pemilihan dan total dana yang terkumpul Rp91 juta” kata dia.

Pelaksanaan deklarasi damai Pilkades serentak, sudah ada dalam aitem kegiatan
sebelum pelaksanaan Pilkades, di gelar. Hal itu, demi menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan secara damai, lancar, tertib, aman dan kondusif.

“Peruntukkan dana yang di himpun dari panitia Pilkades diperuntukkan untuk konsumsi makan minum di acara deklarasi damai, operasional, undangan, , ATK, banner termasuk didalamnya materai bagi setiap calon kades yang ikut dalam bursa pemilihan” kata dia.

Untuk materai bagi setiap calon kades yang mesti disiapkan dan dianggaran, berjumlah 266 materai.

“Dana sebesar Rp1 juta yang di himpun panitia Pilkades salah satunya untuk materai. Satu calon kades saja yang ikut pemilihan disiapkan sebanyak 266 materai” tuturnya kembali.

Terpisah, untuk dugaan kejanggalan mark-up anggaran deklarasi damai dari pernyataan yang disampaikan Koordinator BKAD Lampura, salah satunya pada anggaran materi. Harga satuan materai termurah dikisaran Rp10 ribu/satuan. Bila satu calon disiapkan materai sebanyak 266 materai, maka dana yang mesti disiapkan Rp2.660.000,-. Sementara setiap desa rata-rata minimal 3 calon Kades, bahkan lebih. Bila di hitung 3 calon saja anggaran yang mesti disiapkan berkisar Rp7.980.000,-.

Lalu, bagaimana mana acara deklarasi damai dapat terselenggara bila hanya dianggarkan Rp1 juta perdesanya…

 

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *