Semangat Suryadi, Tuna Rungu di Desa Bojong Barat,Kecamatan Kotabumi Lampung Utara

Sharing is Caring :

singkong, padi dan perkebunan kopi, sawit, serta getah karet. Bagi masyarakat didesa bojong barat, pertanian merupakan sumber penghasilan terbesar bagi mereka.

Sayangnya, fasilitas dan infrastruktur yang belum memadai, jalan jalan yang kecil dan membahayakan, menghalangi para petani untuk mengangkut hasil panennya dan bahkan memangkas biaya operasional para petani saat mengeluarkan hasil panennya. Dikarenakan kurangnya akses jalan yang kurang memadai membuat Suryadi dan masyarakat lainnya harus menempuh jalan yang lebih jauh dari seharusnya untuk menuju kebun mereka.

Sedangkan didalam kehidupan sehari hari Suryadi hanya mengandalkan pekerjaannya yang hanya sebagai buruh tani paruh waktu untuk sumber penghasilan utamanya, Ia berusaha untuk tetap mencari nafkah meskipun keterbatasan infrastruktur dan fasilitas yang tersedia.

Sampai akhirnya, ada harapan yang datang dari kejauhan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0412/Lampung Utara, Lampung dalam kerja sama dengan pemerintah kabupaten Lampung Utara dan instansi lainnya, meluncurkan program yang mempusatkan penyelenggaraan Tni Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 di desa bojong barat, kecamatan kotabumi.

Sampai akhirnya, ada harapan yang datang dari kejauhan, Komando Distrik Militer (Kodim) 0412/Lampung Utara, Lampung dalam kerja sama dengan pemerintah kabupaten Lampung Utara dan instansi lainnya, meluncurkan program yang mempusatkan penyelenggaraan Tni Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117 tahun 2023 di desa bojong barat, kecamatan kotabumi.

Desa ini akan terbebas dari masalah transportasi yang menghambat masyarakat dalam mengangkut hasil panennya. Impian masyrakat bojong barat untuk merasakan akses transportasi yang mudah, sudah didepan mata.

Dengan semangat membara para anggota TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 tahun 2023 ini memiliki tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mewujudkan tingkat kemakmuran dan kesejateraan yang selama ini diharapkan. Di bawah Komando Dansatgas TMMD ke-117 Kodim 0412/Lampung Utara, Program ini menjadi lebih dari sekadar proyek pembangunan. Tetapi, Sekaligus menjadi program untuk mengatasi kesulitan di Masyarakat Desa Bojong Barat.

“Program TMMD ke-117 Kodim 0412/LU merupakan kegiatan yang berkolaborasi dengan melibatkan instansi maupun kepolisian yang dikemas dengan swakelola, Ada berbagai sasaran fisik yang dikerjakan oleh Satgas TMMD, seperti pembukaan badan jalan, pembuatan jembatan, pembuatan gorong-gorong dengan cor dan pelat, dan pembuatan talut Kemudian, pembuatan masjid, rehabilitasi masjid, rehabilitasi MCK, Selain itu, juga dilakukan bedah rumah warga kurang mampu”.

Dengan bersenjatakan alat tempur untuk kerja bakti, berupa cangkul, palu besar, sekop, dan lain-lain yang siap diturunkan untuk memporak-porandakan keluhan masyarakat yang terjadi. Selain itu, melalui sasaran non fisik, TMMD juga mengadakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat secara sosial dan ekonomi. seperti pembagian bantuan sembako kepada masyarakat setempat, pelayanan kesehatan gratis, sunatan masal, bhakti sosial, penyuluhan kesehatan, wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba dan kegiatan sosial lainnya. TMMD ke-117 di desa bojong barat memberikan dampak yang sangat baik untuk perkembangan ekonomi desa bojong barat, pada akhirnya, masyarakat yang mayoritas petani akan semakin sejahtera dengan akses yang makin terbuka yang membuat operasional semakin efisien dan peningkatan penghasilan yang membaik.

Tidak tanggung-tanggung dalam kegiatan tmmd ke 117 kali ini, semangat yang tiada henti dipancarkan oleh personil TNI, pemerintahan daerah dan masyrakat dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan inskusif. semua unsur bahu membahu bekerjasama dan bergotong royong agar pelaksanaan TMMD dapat terlaksana seperti yang diharapkan dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat bojong barat setempat. Tidak hanya itu, program ini juga memberikan dampak langsung dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Keseriusan personal TNI dalam menjalankan program TMMD ke-117, seolah-olah menjadi anggapan bahwa program TMMD di bojong barat, harus tuntas dalam waktu 30 hari, sesuai progress. program TMMD merupakan bentuk dari sinergitas lintas sektor dalam pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lampung Utara, selain itu TMMD merupakan wujud nyata kedekatan TNI dengan masyarakat. Keterlibatan semua unsur terkait dan warga masyarakat sangat diharapkan agar dapat bekerja sama dan bergotong royong membangun desa bojong barat bersama. hal ini sejalan dengan program TMMD sebagai pemantik dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, TMMD juga bertujuan untuk pemerataan percepatan pembangunan di Lampung Utara.

“Mari jadikan TMMD meningkatkan sinergi, hidupkan gotong royong, meningkatkan karya inovasi dan prestasi,” ucap Dansatgas. Sementara itu, Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, juga mengapresiasi hasil capaian pelaksanaan Pembangunan Fisik dan non Fisik yang diselenggakan Satuan tugas TMMD ke-117 Kodim 0412/Lampung Utara “Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada satgas TMMD Lampura, atas apa yang telah dilaksanakan ternnyata mampu melebihi dari yang ditargetkan,” ujarnya. Pangdam II Sriwijaya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah setempat dan masyarakat yang telah bersinergi dengan baik bersama Satgas TMMD selama dalam pelaksanaan,”Harapan saya, sinergitas Masyarakat bersama TNI terus terjalin dengan baik dan hasil capaian pembangunan TMMD dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta dapat dijaga dan dirawat,” harapnya.

Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, menyambut dengan antusias pelaksanaan TMMD ke-117 di Desa Bojong Barat. Dalam pernyataannya Budi Utomo mengapresiasi dan mendukung penuh pelaksanaan TMMD di Bojong Barat. “Kami mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan TMMD ke-117 di Desa Bojong Barat. Mudah mudahan apa yang sudah terbangun bisa bermanfaat untuk masyarakat di desa bojong barat,” jelasnya.

 

Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengharapkan program TMMD di Desa Bojong Barat ditindaklanjuti dengan pengerasan badan jalan. Peningkatan jalan ini memanfaatkan dana desa. Pemerintah daerah berterima kasih atas sumbangsih TMMD membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Dalam pandangannya, Bupati Lampung Utara mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodim 0412/Lampung Utara yang telah melaksanakan kegiatan TMMD di ke 117 di Desa Bojong Barat kecamatan Kotabumi semoga kegiatan TMMD dapat terus terlaksana guna memudahkan layanan transportasi di desa.

 

Rencana kedepannya pemerintah daerah, TNI, dan Masyarakat, akan terus melanjutkan program ini, demi terwujudnya kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat secara keseluruhan. Ketua DPRD Lampura Wansori,S.H., mengungkapkan rasa terima kasihnya yang mendalam atas pelaksanaan TMMD ke-117 yang dilaksanakan oleh Kodim 0412/Lampung Utara di Desa Bojong Barat. Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dan seluruh tim yang terlibat dalam kegiatan ini yang telah membantu mempercepat pembangunan dan terjun Langsung di tengah tengah Masyarakat Desa Bojong Barat. Senyum bangga dan Bahagia kini bisa dirasakan masyarakat desa bojong barat, keinginan mereka yang sudah sangat lama didambakan kini dapat terwujud dengan adanya program TMMD. Ucapan terimakasih dari masyarakat juga menjadi penyamangat bagi TNI dan seluruh pihak terkait untuk terus melanjutkan Upaya pembangunan dan pemberdayaan di bojong barat, serta memperkuat kemitraan yang harmonis antara TNI, pemerintahan desa dan masyrakat demi mecapai sebuah tujuan untuk membantu percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI dan seluruh anggota yang telah berperan aktif dalam pelaksanaan TMMD ke-117 di Desa Bojong Barat.

Kehadiran TNI dan kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah serta masyarakat telah memberikan harapan baru dan perubahan positif bagi kami di Bojong Barat. Kami merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, yang tidak hanya meningkatkan infrastruktur tetapi juga memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan di antara kita,”.

Selain itu, Suryadi sebagai masyarakat di Desa Bojong Barat, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada TNI dan Semua Pihak yang terlibat. Ia mengungkapkan, menggunakan Gerakan tubuhnya, yang mengisyaratkan bahwa dengan adanya program TMMD ia merasakan betul bagaimana manfaat dari perbaikan infrastruktur Jalan dan Jembatan Sehingga dapat mempermudahkan Masyarakat Untuk bertani dan bekerja di luar Desa.

Kisah Suryadi yang sangat memotivasi dan Mendorong Orang-orang untuk bangkit dari keterpurukan serta membuat semangat TNI dalam membangun desa Bojong Barat adalah cermin dari keberanian, kesabaran, dan semangat tanpa henti dalam menghadapi kesulitan.

Melalui program TMMD, mereka bersatu untuk mewujudkan mimpi bersama, di mana pendidikan yang layak dan infrastruktur yang memadai menjadi kenyataan di Daerah terpencil. “TNI kuat bersama Rakyat”. (Pendim0412/LU) “Dokumentasi Foto Suryadi”

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *