Prakiraan Cuaca Indonesia: Hujan, Angin Kencang, dan Gelombang Tinggi pada 23 Agustus 2023

Sharing is Caring :

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Rabu, 23 Agustus 2023, dengan berbagai peringatan terkait cuaca buruk yang diharapkan melanda sejumlah wilayah Indonesia. Prakiraan ini mencakup hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, angin kencang, serta gelombang tinggi di beberapa wilayah.

Menurut data BMKG, hujan dengan intensitas sedang diprediksi akan melanda kota Ambon dan Medan pada hari Rabu. Sedangkan hujan ringan diperkirakan akan terjadi di daerah-daerah seperti Gorontalo, Pontianak, Palangkaraya, Ternate, Manokwari, dan Kendari.

Tak hanya hujan, beberapa wilayah juga dihadapkan pada kemungkinan asap akibat kondisi cuaca. Ibu kota provinsi Banjarmasin diprediksi akan diselimuti asap, sementara kondisi berkabut diperkirakan terjadi di Jambi dan Pontianak.

Suhu udara diperkirakan akan berada dalam kisaran 20-35°C. Suhu terendah diharapkan terjadi di Bandung, sementara suhu tertinggi di Banjarmasin.

Wilayah Banten, NTB, NTT, dan Sulawesi Barat juga diingatkan untuk berhati-hati terhadap potensi angin kencang.

Namun, perhatian khusus diberikan terhadap dampak hujan lebat. BMKG telah mengeluarkan status waspada terkait hujan lebat dengan dampak yang mungkin terjadi di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. Meskipun demikian, tidak ada provinsi yang berstatus siaga.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara diperkirakan akan bergerak dari selatan-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, pola angin umumnya akan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi tercatat di perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan perairan Merauke.

Akibat kondisi cuaca ini, gelombang tinggi dengan ketinggian antara 2.50 hingga 4.0 meter diperkirakan akan terjadi di sejumlah perairan. Gelombang sangat tinggi, mencapai 4-6 meter, diperkirakan akan melanda wilayah Samudra Hindia barat Lampung dan Samudra Hindia selatan Banten.

Dengan adanya prakiraan cuaca ini, masyarakat diharapkan tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang mungkin berubah dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan dan keamanan.

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *