Gapoktan Sumber Rejeki Desa Abung Jayo, Abung Selatan, Sukses Panen Bawang Merah

Sharing is Caring :

LAMPUNG UTARA (berita-indonesia.com):

Gapoktan Sumber Rejeki di Desa Abung Jayo, Kecamatan Abung Selatan, sukses panen bawang merah, Jumat, (25-8-23).

Kegiatan yang merupakan bagian dari program aspirasi pengembangan kampung sayuran ini, dihadiri Asisten III. Sopyan. Kadis TPH, Tomy Suciadi dan tamu undangan.

Melalui program tersebut, bantuan berupa benih sebanyak 5 ton, pupuk NPK sebanyak 500 kg, mulsa sebanyak 25 gulung, POC sebanyak 15 L, dan PHC sebanyak 15 L telah disalurkan kepada petani di Desa Abung Jayo dan Desa Cabang Abung Raya.

Kabid Psp Muntofik menyatakan, “Program ini merupakan wujud nyata dukungan pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian di daerah kami. Kolaborasi antara berbagai pihak, seperti Gapoktan, Dinas Pertanian, dan mahasiswa PKL UMKO, telah menghasilkan panen yang memuaskan.”

Awalnya, keberanian para petani dalam menanam bawang merah ini sempat terguncang oleh ketidak pastian dan keraguan akan kondisi lahan di Abung jayo. Namun, dengan tekad yang kuat dan kerja keras, mereka berhasil mengatasi hambatan tersebut.

Dalam acara tersebut, Ketua Gapoktan Bowo Leksono menjelaskan bahwa dari luas tanaman bawang merah yang mencapai 5 hektar, telah berhasil dipanen sekitar 3 hektar tanaman.

Salah satu keberhasilan panen ini dapat dicapai berkat pertumbuhan tanaman bawang merah yang memuaskan dan hasil yang menggembirakan. Keberhasilan ini menarik minat petani untuk terus mengembangkan budidaya bawang merah di masa yang akan datang. Mereka menyadari pentingnya pendampingan dan bimbingan dari para Penyuluh Pertanian yang berada di wilayah binaan BPP Abung Selatan.

Gapoktan Sumber Rejeki dan Gapoktan Karya Tani yang ada di dua desa tersebut telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini. Dropping benih dan penyediaan sarana produksi dilakukan pada bulan Mei 2023, yang kemudian menghasilkan produksi bawang merah sebesar 10 ton per hektar.

Dalam sambutannya, Asisten III Pak H. Sopyan, SP. MM., mengapresiasi upaya bersama dalam program ini. Ia berharap program ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi petani dan masyarakat setempat, Pungkasnya. (Kominfo LU)

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *