Tanggapan Bulog Lampung Utara Mengenai Kenaikan Harga Beras Tajam

Sharing is Caring :

Kotabumi, Lampung Utara – Harga beras di Lampung Utara mengalami kenaikan sebesar 10 persen dalam beberapa pekan terakhir. Hal ini dipicu oleh keterbatasan lahan pertanian dan cuaca panas ekstrem (El Nino).

Menanggapi hal tersebut, Bulog Lampung Utara memastikan stok beras aman dan akan melakukan berbagai upaya untuk menstabilkan harga.

“Stok beras di Bulog Lampung Utara saat ini cukup untuk 6 bulan ke depan,” kata Anton Satria, Asisten Manager Operasional Bulog Lampung Utara, Senin (11/9/2023).

Anton satria ( 39 ) selaku asisten manager operasional Bulog Lampung Utara Menjelaskan Penyebab Kenaikan Harga beras tingkat nasional dan Daerah  .

“Beras naik kalau penyebab secara Globalnya  pak yaitu Keterbatasan Lahan Pertanian yang terus berkurang dan Cuaca Panas ekstrem ( El Nino)  “ujar Anton.

“saya rasa hal ini di rasakan oleh setiap Negara ” sambungnya

awak media pun menanyakan tindakan Bulog lampung utara untuk mengatasi kenaikan Harga yang tajam saat Natal dan tahun baru kedepan kepada anton.

” Bulog sudah Dapat Penugasan SPHP untuk lingkup Lampung Utara yaitu Stabili Pasar Harga Beras itu kita sudah salurkan ke RPK-RPK ataupun Toko-toko Beras Yang Ada Di pasar Lampung Utara ” ujarnya

“Kemudian Kita pun sudah ada Bantuan pangan Presiden Periode kedua Insyaallah Minggu-minggu ini sudah tersalurkan” tambanya

Media Pun menanyakan mengenai Terkait stock Beras untuk Wilayah lampung utara kepada anton.

” untuk stock beras Kita Cukup dalam Artian untuk Keadaan Normal Kita cukup Untuk 6 bulan Kedepan stok beras cukup dan aman” jawab Anton.

media pun menanyakan jumlah pasti stok beras di Lampung utara

” Kisaran Kurang Lebih 2 juta Kilogram Beras toh jika kurang kita selalu kordinasi kepusat dan kita kordinasi juga  kepada dinas lain yang terkait untuk pensetabilan harga Yang pasti Untuk lampung utara kita aman”ujar anton

mediapun menanyakan 2 juta Kg beras tersebut dapat menangani kesediaan beras di Lampung utara untuk berapa bulan.

“dalam keadaan normal 2 juta Kg beras tersebut dapat menangani 8 bulan ketersediaan beras di Lampung utara” jawabnya

“untuk natal dan tahun baru sudah dapat ke backup dengan jumlah beras tersebut terlebih lagi dalam waktu dekat ini ada pengiriman Beras lagi untuk bulog Lampung utara jadi tenang kita sudah cukup stok kok” sambungnya

dan media pun menanyakan kira-kira akan kah harga beras turun kembali serta kisaran kapan waktunya

” Kalau menurut Prediksi kami sampai panen raya tapi bukan panen raya sekarang sebab kita lagi terdampak El nino tapi kemungkinan awal Januari mulai stabil kembali” pungkas anton.

Kenaikan harga beras menjadi perhatian masyarakat, terutama masyarakat kelas bawah. Kenaikan harga beras ini dapat menyebabkan masyarakat kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangannya.( Wijaya )

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *