Gunung Marapi Meletus, Abu Vulkanik Menyebur Setinggi 3.000 Meter

Sharing is Caring :

SUMATERA BARAT (berita-indonesia. com) : Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus dibarengi dengan semburan Gunung api abu vulkanik berwarna kelabu pekat setinggi 3.000 meter dari atas puncak, Minggu (3-12-23) sekitar pukul 14.54.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung,” tulis keterangan resmi dari Pengamat Gunung Api Marapi.

Saat erupsi, tinggi kolom abu tidak teramati karena cuaca buruk. Erupsi itu terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm, dan durasi sementara ini lebih kurang 4 menit 41 detik.

Kuatnya letusan Gunung Marapi itu, juga dirasakan warga di Kota Bukittinggi. Warga di Kota Bukittinggi, mendengar suara dentuman saat Gunung Marapi meletus, disertai hujan abu.

Saat ini Erupsi masih berlangsung, Gunung Marapi yang memiliki ketinggian, 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl), berstatus Level II (waspada). Masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak di rilis dari SINDOnews.com.

 

 

Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Author: Berita-indonesia.com

Situs berita online Indonesia yang menyajuikan berita terbru dan terpercaya yang diambil dari berbagai sumber yang berkompeten di bidang jurnalistik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *